(0254) 210901

Jl. KH. Amin Jasuta No. 15 B, Serang-Banten

The Future School | Sekolah berbasis IT

Minggu, 30 Maret 2014

Sejarah SMP Informatika Kota Serang

SEJARAH SMP INFORMATIKA SERANG


Disadari oleh masyarakat kabupaten serang dan sekitarnya tentang hakekat wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, jumlah lulusan SD yang tidak tertampung di SMP semakin bertambah.
Oleh karena itu kami dari Yayasan Pendidikan Informatika (YPI) sesuai dengan tujuan program kerja jangka panjang, yayasan bermaksud membantu pemerintaan dalam meningkatkan daya tampung di tingkat SMP dengan membuka SMP Informatika serang.
SMP INFORMATIKA SERANG BERDIRI TANGGAL, 16 JANUARI 1997 TUJUAN PENDIDIKAN SMP INFORMATIKA SERANG Membatu program pemerintahan dalam menyelenggarakan pendidikan formal dan non formal berdasarkan pancasila dan undang – undang dasar 1945 Membantu menuntaskan masalah rendahnya daya tampung di tingkat SMP, sebagai kelanjutan dari wajib belajar 9 tahun yang setiap tahun menujukan peningkatan khususnya dikecamatan serang.Membantu pemerintah dalam merealisasikan tujuan – tujuan pendidikan nasional serta cita – cita bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa indonesia.


  PENDIRI YAYASAN PENDIDIKAN INFORMATIKA KOTA SERANG


                            H.M RAHMATOELLAH SIDDIK, M.BA


Struktur SMP Informatika Serangsebagai berikut:
Kepala Sekolah                          : Nugraha, S.Pt
Wakil Bid. Kurikulum                   : Siti Fatimah, S.Pd.I
Wakil Bid. Kesiswaan                  : Candra Fery, S.Pd
Kepala Tata Usaha                    : Rifki Arlan, A.Md
Bendahara                               : Puput Ratnasari
Staff Tata Usaha                      : Ridwan
Pembina Ektrakurikuler                : Wina Hayati, S.Ag
Pembina Rohis                          : Syafiudin, S.Ag
Kepala Laboratorium IPA             : Tika Kartika, S.Pd
Pustakawan                              : Dini Suhandini
Staff Kurikulum                          : Febi Herlina


VISI, MISI DAN TUJUAN SMP INFORMATIKA SERANG

Visi :Menjadi Sekolah Unggulan yang mampu membentuk kepribadian peserta didik yang seimbang yang memiliki kemampuan IPTEK dan IMTAKMisi
1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kurikulum dengan metode yang kreatif dan inovatifMemberikan pendidikan moral agar peserta didik memiliki kedisiplinan, dan akhlak yang islamiMengembangkan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler agar siswa mempunyai keterampilan hidup dan mampu berkomunikasi dalam Bahasa inggrisMenciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman dan tertib untuk keberlangsungan proses pendidikan dan pengajaran yang kondusif Tujuan
2. Berdasarkan Visi dan Misi SMP Informatika Serang, maka dalam kurun waktu 5 tahun kedepan dan juga sebagai kelanjutan dari program sekolah tahun sebelumnya akan memprioritaskan program-program sebagai berikut 
3. Membina dan mengembangkan peserta didik agar bertaqwa, berakhlaq mulia, cerdas, trampil, percaya diri, berkepribadian kuat, dan bertanggung jawab.Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan prestasi akademiknya, mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi dan anggota masyarakat sesuai dengan tingkat perkembangan serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan menengah.
Memberdayakan dan mengusahakan peningkatan sarana dan prasarana fasilitas pembelajaran yang memadai meliputi ruang kelas, Laboratorium IPA, Perangkat Multi Media, Perpustakaan, Laboratorium komputer, fasilitas olah raga, Laboratorium bahasa dan ruang keterampilan.
Membina, mengembangkan dan memberdayakan sumber daya manusia (tenaga guru dan pegawai) agar disiplin, bertanggung jawab, dan profesional untuk memenuhi kebutuhan proses pendidikan dan pembelajaran di SMP informatika Serang.
Mengadakan perubahan sistem dan pengelolaan metode pembelajaran dengan acuan penjaminan mutu pendidikan di SMP Informatika Serang dengan tujuan mencapai Standar Nasional PendidikanMemperkuat pencitraan sekolah di masyarakat dengan cara pelaksanaan kurikulum 2013 dan kurikulum khas sebagai ciri serta memberikan nilai tambah untuk peningkatan kompetensi dan kompetisi siswa di masyarakat.


PROGRAM JANGKA PENDEK, JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG

Program Jangka Pendek (2012 – 2013) Setiap siswa mampu mencapai ketuntasan kopetensi minimal 90 % dari seluruh mata pelajaran.
Meningkatkan kualitas peserta didik dalam bidang bahasa inggris dan komputer melalui program pengembangan diri dan muatan lokal.Mendirikan lembaga bimbingan belajar.
Jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 8 rombel (setara 270 siswa)Meningkatkan pembinaan dalam bidang olah raga dan seni sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam PORSENI dan LOMBID.
Meningkatkan pembiasaan siswa untuk melaksanakan nilai-nilai yang islami (Menutup aurat, Sholat berjama’ah, mengucap salam, menjaga kebersihan, berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan belajar)Meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan memberikan motivasi untuk menghafalkan Al-Qur’an juz 30Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan siswa.
Melengkapi sarana dan prasarana pendukung KBM Program Jangka Menengah (2012 – 2016) Setiap siswa mempunyai kemampuan akademis (Rata-rata nilai raport minimal 7,0 dan rata-rata UN minimal 7,0).Siswa mempunyai kemampuan dalam bidang bahasa inggris dan aplikasi komputer.
Mengembangkan lembaga bimbingan belajar, sehingga berfungsi dalam meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademis.Jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 10 rombel (setara 360 siswa)Berprestasi dalam PORSENI dan LOMBID Siswa mampu merealisasikan nilai-nilai yang islami dalam kehidupan sehari-hari.Setiap siswa mampu dalam membaca Al-Qur’an dan minimal 40% lulusan yang muslim mampu menghafalkan Al-Qur’an juz 30. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan siswa.
Sarana dan prasarana pendukung KBM lengkap dan dapat dimanfaatkan secara optimal.Menjadi sekolah persiapan SSN (Sekolah Standar Nasional) Program Jangka Panjang (2012 – 2022) Setiap siswa mempunyai kemampuan akademis (Rata-rata nilai raport minimal 7,5 dan rata-rata UN minimal 7,5).Siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris dan mengusai aplikasi komputer dan internet. Mengembangkan lembaga bimbingan belajar, sehingga berfungsi dalam meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademis.
Jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 12 rombel (setara 480 siswa)Berprestasi dalam PORSENI dan LOMBID (peringkat ke-1 di kabupaten/kota Serang)Siswa mampu merealisasikan nilai-nilai yang islami dalam kehidupan sehari-hari.Setiap siswa mampu dalam membaca Al-Qur’an dan minimal 60% lulusan yang muslim mampu menghafalkan Al-Qur’an juz 30.
Siswa mampu menerapkan amalan-amalan agama islam yang berguna di masyarakat Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan siswa.Sarana dan prasarana pendukung KBM lengkap dan dapat dimanfaatkan secara optimal. Mempunyai gedung sekolah mandiri yang berbasis Boarding School dengan metode pembelajaran terpaduMenjadi Sekolah Standar Nasional (SSN).

Tidak ada komentar:
Write komentar
BERTEMAN (Bersih, Berseri, Bersahabat, Tenang dan Nyaman)
Join Our Newsletter